Nelayan Cilacap Gelar Sedekah Laut Sebagai Rasa Syukur


 

Cilacap, (potretperistiwa.com) -  HN SI Cilacap bersama delapan kelompok nelayan menggelar tradisi budaya sedekah laut dengan ritual larungan jolen berisi sesaji ke tengah laut pada Jumat pagi (27/8)


Ada sebanyak 10 jolen yang dilarung ke tengah laut sekitar Pulau Majeti di Nusakambangan. 8 Jolen persembahan dari 8 kelompok nelayan yang ada di Cilacap, sedangkan 2 jolen dari HNSI Cilacap yang berisi dua kepala sapi. 


Wakil Ketua I DPC HNSI Cilacap Parjo Hadi Pranoto mengatakan, larungan jolen kali ini digelar secara sederhana.


"HNSI menyiapkan dua jolen yang diberangkatkan untuk diralung secara bersamaan jam 8 pagi tadi. Yang satu diberangkatkan ke dermaga III PPC. Selanjutnya jolen yang satu lagi diberangkatkan ke pelabuhan batre," jelasnya


Parjo menambahkan, kegiatan dilanjutkan selamatan oleh para kelompok nelayan pada siang harinya di TPI masing-masing. Sedangkan untuk ruwatan sedekah laut yang diaksanakan sore hari, difokuskan di Kantor HNSI dengan pagelaran wayang kulit. 


"Sedekah laut ini kami lakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT agar nelayan di Cilacap selalu diberikan keselamatan dalam mencari ikan di laut, serta kesehatan dan diberikan rezeki yang melimpa.

Rangkaian gelaran budaya sedekah laut ini dimulai dengan kegiatan nyekar atau ziarah di Karang Bandung, Nusakambangan pada Kamis Wage dan di lanjutkan pada Jumat Kliwon (27/08) menggelar larungan, slametan dan ruwatan ungkapnya ***(Afison Manik).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama