Pemdes Tanah Datar Laksanakan Panen Raya Jagung Manis


Kampar, (potretperistiwa.com) - Jagung adalah tanaman pangan utama yang mempunyai peranan strategis dalam pembangunan pertanian dan perekonomian Indonesia, sehingga permintaan jagung di pasar domestik terus meningkat seiring dengan berkembangnya industri pakan dan pangan.


Apalagi di tengah adanya pandemi virus Corona atau yang dikenal Covid 19, perlunya membangkitkan peluang kerja dalam bidang pertanian bercocok Tanam serta peningkatan  produksi Pertanian dalam  peningkatan padat karya tunai serta pemberdayaan masyarakat, Sehingga ekonomi masyarakat tetap stabil.


Hal inilah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa bersama warga Tanah Datar Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar - Riau yang berada di kawasan 5 Desa perbatasan dengan Rokan Hulu. Setelah beberapa waktu lalu melakukan penanaman jagung pada Jum'at (31/12/2021) mereka (Red- Pemdes) secara resmi melaksanakan panen raya jagung manis dengan jenis Ponanza Panamerah.


Kegiatan tersebut tampak dihadiri oleh Camat Tapung Hulu yang diwakili Nuryadi, SE dan Kades Tanah Datar, Pardi, Tokoh Pendidikan Tanah Datar dan Kepala Sekolah SDN 036 Tanah Datar Zul Irpan, S.Pdi M.Pd.


Camat Tapung Hulu yang diwakili Nuryadi, SE dalam kesempatannya menyampaikan, setiap satuan instansi jika memiliki lahan kosong maka lebih baik digunakan untuk  bercocok tanam.


" Jika ada lahan kosong sangat bermamfaat jika kita gunakan untuk bercocok tanam, baik  tanaman berbuah apalagi Instansi sekolah terutama yang sudah ikut Adiwiyata maka sangat perlu menanam tanaman keaneka ragaman hayati dan bisa menghidupkan ekonomi satuan kerja atau instansi dan menjadi income bagi kas instansi "ujarnya.


Hal senada juga disampaikan oleh salah satu Pemuda Desa, menurutnya bercocok tanam ini merupakan profesi tang sangat bagus dikembangkan, selain membuat tubuh sehat, menanam Juga dapat meningkatkan ekonomi apalagi di masa Pandemi Covid -19 dapat memberikan Peningkatan kehidupan serta peningkatan  perekonomian serta mengurangi angka pengangguran yang ada di lingkungan Desa.


" Program ini sangat bagus dikembangkan ditengah masyarakat, sehingga dapat membuka lahan pekerjaan bagi warga yang menganggur " bebernya 


Masih kata dia, kedepannya kita berharap perlu ditingkatkan sarana prasarana pendukung guna melengkapi pasilitas pendukung pada petani ,kiranya masyrakat petani dapat focus dalam bercocok tanam ,memberikan kebutuhan bagi petani mulai dari penyuluh lapangan , pupuk serta sampai pendistribusi ke pasar jelasnya.***(Fauzan).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama