Raja DYM H. Muhammad Yunus Gelar Safari di Kampar


Kampar, (potretperistiwa.com) - Dalam Rangka meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT serta untuk mempererat tali silaturahmi sesama masyarakat Kampar dan hubungan baik Raja DYM H. Muhammad Yunus menggelar Safari ke Kampar tepatnya di Pasar Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar - Riau, Minggu (27/2/2022).


Dalam Safari tersebut Raja DYM H.Muhammad Yunus juga didampingi oleh Kombes Pol Pur. Effendi, SH MH, DR. Ali Azmi, Yusmarlis, Zakaria dan Ruslan Domo


Selain itu juga tampak dihadiri oleh para tokoh Politik dan para tokoh Akademisi


Syamsul Mukamar selaku tokoh politik dalam kesempatannya menyampaikan rasa senang dan bangga karena salah satu putra terbaik Air Tiris  sudah diangkat menjadi seorang Raja.


" Saya bangga dan sangat senang, ini sesuatu hal yang sangat mantap dan Lanjutkan " ucap Syamsul Mukamar yang Arif dan Bijaksana ini.


Sementara itu dalam Kesempatan Safari Raja DYM H.Muhammad Yunus menyampaikan Pesan Kepada Anak Kemanakan untuk selalu mengedepankan Adab, Adat dan Akhlak dan Melahirkan insan - insan Qur'ani.


" Saya pesankan kepada anak kemanakan kita, untuk selalu mengkedepankan Adab, Adat serta Aklak " ujar DYM. H. Muhammad Yunus.


Dalam kesempatan tersebut Raja juga menyampaikan visi dan misi pendek sebagai raja adalah menghidupkan mesjid dan Musholla yang ada di Indonesia ini khususnya Provinsi Riau.


Sebelumnya kita ketahui Datuok HM Yunus, selaku pengusaha rumah makan sukses asal Air Tiris resmi ditabalkan menjadi Raja Air Tiris Melayu Kampar pada Selasa (26/10/2021) lalu. Pria bergelar adat Datuok Sultan Batuah ini mendapatkan dukungan dari Pucuk Adat Kenagarian Air Tiris Datuk Rajo Malano, M Yatim Datuk Jalelo, Suhali Datuk Indo Komo beserta para Ninik Mamak Nan Duo Boleh Kenagarian Air.


Penabalan HM Yunus ini sendiri dimaksudkan sebagai pelestarian adat dan budaya di Kampar, khususnya di kenegerian Air Tiris. Bahkan pemilik Rumah Makan Pondok Patin HM Yunus ini berencana membangun semacam istana raja di Air Tiris, tepatnya di bekas tapak rumah orang tuanya di Kecamatan Kampar tersebut.


Sewaktu Penambalan tersebut dihadiri perwakilan raja sultan se-nusantara dan dinobatkan oleh Datuk Niniok Mamak 12 Kenagarian Airtiris di Ruang balai Rung seri RM Pondok Patin HM Yunus di Jalan Simpang Tiga Pekanbaru-Riau.


Adapun  raja sultan  dan Perwakilan senusantara yang hadir di antaranya adalah Sultan  Aceh Muhammad (Pertama) Zumadillah Nurukaya Al - Haj, Raja Besar Gorontalo Dato' MST Sheikh Rudy Wahab Al-Haj,  Perwakilan Raja Gunung Sahilan Ke  XII, Tuan Guru, DS DR (HC)  Mudawali Bin Jahat Suud, Datuk 50 DR H M Jusuf SH MH, Datuk 50 H. Azhari  ST, Datuk Ustadz Syafrizal bin usman,  Pangeran Hermansyah Yamat, Niniok Mamak dari 12 Kenagarian Airtiris.****(Agusmar).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama