Gubernur dan Bupati Se- Indonesia Hadiri Rakornas GNBBI Melalui Afirmasi P3DN


Sumsel, (potretperistiwa.com) - Gubernur dan Bupati se Indonesia hadiri acara Rakornas Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia melalui Afirmasi (P3DN) oleh Presiden RI Joko Widodo,Bertempat di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua Bali, Jumat, (25/03/2022). 


Dalam arahannya Presiden RI Joko Widodo, Saat ini tantangan ketidakpastian global mengakibatkan semua negara mengalami kesulitan ekonomi, oleh karena itu meminta kepada para Menteri, Kepala Lembaga, hingga Kepala Daerah menekankan pentingnya memacu pertumbuhan ekonomi nasional dengan memanfaatkan APBN, APBD dan Anggaran BUMN untuk mengurangi pengadaan barang impor dan mendorong penggunaan barang-barang produksi dalam negeri pada pengadaan barang.


Lebih lanjut Presiden Joko Widodo menyampaikan apabila APBN, APBD, dan anggaran BUMN digunakan untuk belanja pengadaan produk dalam negeri maka hal itu dapat memacu pertumbuhan ekonomi dalam negeri.


" Mari kita bersama mendukung aksi afirmasi bangga buatan Indonesia ini, barang yang kita beli barang dalam negeri berarti akan ada investasi, sehingga membuka lapangan pekerjaan seluas luasnya " tutur dia.


Dalam acara yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi&UMKM serta Sekretariat Kabinet ini, Presiden RI Joko Widodo juga meminta kepada para Gubernur, Bupati/Walikota untuk mendorong UMKM di daerah agar segera masuk ke e-katalog.


Kemudian terkait dengan keluhan para pelaku UMKM mengenai sertifikat SNI, Presiden Joko Widodo meminta kepada jajarannya untuk mempermudah perizinan SNI. Prosedurnya harus dibuat sederhana dan dipermudah biar semuanya nanti bisa masuk ke e-katalog.


Presiden Joko Widodo meminta semua pihak terkait untuk memastikan bahwa implementasi kebijakan ini berjalan dengan baik di lapangan.


Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ditujukan mengajak masyarakat Indonesia semakin bangga dengan membeli, menggunakan dan mengkonsumsi serta mempromosikan produk-produk lokal berkualitas agar pelaku UMKM terus tumbuh dan berkembang.


Sementara itu PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah, S.STP, M.M, M.Pd., sangat mendukung dan siap mendorong pelaku UMKM dalam mempromosikan produk lokal melalui OPD terkait dengan menjalin kerjasama semua pihak termasuk BUMN/BUMD yang ada di Kabupaten OKU untuk cinta dan bangga akan produk lokal yang di hasilkan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten OKU.***(Tim).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama