Balimau Kasai Tradisi dan Budaya Orang Kampar


Kampar, (potretperistiwa.com) - Berbagai cara dilaksanakan oleh umat muslim dunia dalam menyambut datangnya bulan Suci Ramadan 1443 H. Banyak tradisi budaya yang digelar di Indonesia dalam menyambut tamu agung tersebut. Salah satunya seperti yang dilaksanakan warga Kabupaten Kampar yang biasa disebut dengan "Balimau Kasai".


"Balimau Kasai" dilaksanakan warga Kabupaten Kampar sehari menjelang memasuki bulan Ramadhan. Balimau Kasai adalah praktik ritual mandi dengan menggunakan air yang dicampur jeruk limau. Menurut kepercayaan, jeruk yang dipakai untuk digunakan mandi Balimau Sakai adalah air bersih yang telah dicampur dengan bunga wangian yang dicampur dengan jeruk seperti jeruk purut, jeruk nipis, dan jeruk kapas. Sedangkan kasai adalah wangi-wangian yang dipakai saat berkeramas. Bagi masyarakat Kampar, pengharum rambut ini dipercayai dapat mengusir segala macam rasa dengki yang ada dalam kepala, sebelum memasuki bulan puasa.


​Tradisi yang sudah dikenal sejak lama ini merupakan kebiasaan warga Kampar. Selain itu warga Kampar juga melaksanakan kegiatan lomba, seperti juga terlihat tang dilaksanakan warga Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar 


Dimana kegiatan yang ditaja oleh Persatuan Pemuda Desa Sungai Tonang ( PPDS ) duantaranya kegiatan Tournamen Open Voli Putra Se Kabupaten Kampar yang di ketuai oleh Ahmad Zaky Yamani, Tournamen Volli Putri Antar RW Tingkat Desa Sungai Tonang yang di ketuai oleh Luvi Irwan, Tournamen SSB U-12 Se Kabupaten Kampar yang di ketuai oleh Apeldi, S.Pd, Tabligh Akbar Pemuda yang ketuai oleh Zali Pauzan, dan Terakhir di tutup dengan Doorprize Kupon Berhadiah Benen Santai, Panjat Batang Pinang dan Hiburan Rakyat.


Acara yang sangat Luar biasa tersebut selain dilaksanakan untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan juga sebagai kegiatan positif sehingga kaula muda terhindar dari narkoba dan kegiatan negatif lainnya, ungkap Sekdes Sungai Tonang Armadi.


Ditempat yang sama H. Yusri Ketua Yayasan PEDE (Peduli Desa) sekaligus perwakilan Perwakilan Donatur Desa Sungai Tonang menyampaikan teruslah Pemuda untuk berkarya dan bermanfaat untuk orang banyak agar kelak segala urusan dan rintangan yang kalian hadapi kedepannya tidak lah semakin sulit nantinya, Semoga dengan berhasil nya kegiatan ini akan semakin memicu ide kreatif Pemuda untuk melaksanakan kegiatan positif lainnya di kemudian hari.


" Semangat, dan lanjutkan karya para pemuda " pungkas dia.***(Zali Fauzan).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama