Program Mahasiswa Mengajar Kampus IPBI Bali Kenalkan Potensi Alam dan Pemahaman Budaya


Bali, (potretperistiwa.com) – Himpunan Mahasiswa sarjana terapan manajemen pariwisata IPBI melalui program Pijar (Mahasiswa Pariwisata Mengajar) di bulan April ini telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SD 3 Kenderan, Gianyar.


Kegiatan yang diselenggarakan setiap Sabtu tersebut diisi dengan pengenalan berbagai jenis potensi alam dan budaya yang dapat dimanfaatkan sebagai atraksi wisata. Melalui metode yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman anak SD, para mahasiswa dengan semangat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya untuk lebih mengenalkan potensi alam dan menambah wawasan pemahaman budaya lokal yang harus tetap dipelihara sebagai aset pariwisata di daerahnya.


Setiap Sabtu kedatangan mahasiswa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBI) ini ditunggu tunggu oleh para siswa SD 3 Kenderan.


“Horeee kakak datang”, serempak mereka berlarian menyambut dan menyalami kakak-kakak yang bertugas hari itu.


Setiap Sabtu mulai Pukul 08.00 - 12.00 WITA untuk pelaksanaan program ini diterjunkan sekitar 10 orang mahasiswa dari program studi Manajemen Pariwisata dibawah pimpinan Ayu Tasbiati mahasiswi enerjik semester 4.


Kepala Sekolah SD 3 Kenderan I Dewa Made Oka, S.Pd menyambut positif kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut.


 “Saya berikan waktu full di setiap hari Sabtu untuk mahasiswa melakukan kegiatannya kepada semua siswa yang ada di SD 3 ini,” kata Kepala Sekolah yang berasal dari Desa Kenderan ini. 


" Waktu yang kami sediakan setiap Sabtu selama 1 bulan ini menurut saya masih kurang mengingat respon anak-anak yang begitu antusias dan manfaat yang anak-anak kami peroleh dari kegiatan mahasiswa tersebut” sambungnya.


Kegiatan mahasiswa mengajar ini didukung penuh oleh Ketua program studi sarjana terapan manajemen pariwisata IPBI, Komang Trisna Pratiwi Arcana, STT.Par, M.Par, M.Rech. “Ini merupakan pembelajaran nyata bagi mahasiswa agar mereka nantinya siap terjun ke masyarakat untuk membangun pariwisata di negeri yang mempesona ini” ujar Miss Trisna panggilan akrab yang diberikan oleh para mahasiswa, menutup keterangannya kepada media ini. *** (AS)

Print Friendly and PDF

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama