Absen 2 Tahun, Kali Ini Ritual Bakar Tongkang Digelar Sederhana


Rohil, (potretperistiwa.com) - Absen selama 2 tahun, kali ini Ritual bakar tongkang dirayakan secara sederhana. Replika tongkang  yang berukuran kecil dibawa  beramai ramai  ke lokasi pembakaran seperti tahun sebelumnya, saat hendak dibakar disaksikan langsung  oleh Bupati Rokan Hilir Aprizal Sintong, Minggu (19/6/2022).


Turut hadir dalam acara Ritual bakar tongkang tersebut, Bupati Rohil Aprizal Sintong beserta jajaran, Ketua DPRD Maston, Forkopimda, Ketua Yayasan Multi Marga Rendi Gunawan.

  

Ritual bakar tongkang  diadakan Momen sakral berisi doa dan harapan ini merupakan bukti sejarah awal mula etnis Tionghoa menempati kota Bagansiapiapi.


2 tiang haluan Replika tongkang setelah terbakar, masing - masing tiang jatuhnya berbeda, tiang 1 jatuh mengarah ke laut, tiang kedua jatuh mengarah ke darat.


Dalam sambutanya, Bupati Aprizal Sintong mengajak masyarakat Rokan Hilir agar saling menjaga kesenjangan beragama, yang mana Ritual bakar Tongkang menjadi event Nasional hingga menjadi Rokan Hilir sebagai objek wisata yang banyak dikunjungi dari berbagai daerah  dan ini suatu kebanggaan bagi Rokan Hilir, ujarnya.


Awi Oling salah satu tokoh Tionghoa menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang mana sudah membatu menyukseskan acara tersebut.


" Acara ritual bakar tongkang adalah suatu kepercayaan terhadap dewa Ki Hu Ong Ya dan Tai Su Ong sebagai penyelamat  kami, yang mana sampai saat ini kami yakini" pungkas Awi.****(Mus).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama