Menwa se-Indra Pahlawan Riau Antusias Ikuti Latihan Penyegaran


Pekanbaru, (potretperistiwa.com) -
Untuk memperkuat silaturahmi dan loyalitas antar sesama, Komando Resimen Mahasiswa (Komenwa) Indra Pahlawan Riau menggelar Latihan Penyegaran (Latgar) yang berlangsung di Batalyon Artileri Pertahanan Udara 13 Parigha Bhuana Yudha (Arhanud 13/PBY) tepatnya di Jl. Kaharuddin Nasution, Simpang Tiga, Pekanbaru, Selasa (01/11/2022).


Latgar yang diadakan selama sehari pada (30/10) ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari seluruh Satuan/Batalyon Resimen Mahasiswa (Menwa) yang tergabung di Komenwa se-Indra Pahlawan Riau.


Diantaranya, Satuan 042/Indra Bumi UIN Suska Riau, Satuan 043/Indra Sakti UIR, Satuan 045/Indra Jaya beserta Kompi C STIE Bangkinang, Satuan 046/Indra Yudha Unisi beserta Kompi A ITB Indragiri, Satuan 047/Indra Dharma STIA LK Dumai, Satuan 048/Indra Tua STAIN Bengkalis, Satuan 049/Indra Jaladi Politeknik KP Dumai dan para Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Riau.


Adapun kegiatan yang dilaksanakan saat Latgar tersebut yaitu, latihan menembak menggunakan senjata SS1 V2 dengan amunisi sebanyak 5 butir/orang, latihan lempar pisau dan kapak (Lempika) dan berbagai latihan penyegaran lainnya.


Komandan Menwa (Danmen) Indra Pahlawan Riau, Indra Pomi Nasution ST MT mengatakan, bahwa kegiatan Latgar yang diselenggarakan ini memiliki tujuan tersendiri bagi setiap pribadi seorang anggota Menwa Indra Pahlawan Riau.


"Latihan penyegaran ini bertujuan untuk mengembangkan kembali kemampuan dasar kemiliteran anggota Resimen Mahasiswa Indra Pahlawan Riau. Selain itu, latgar juga menjadi suatu momentum untuk mempertajam jiwa loyalitas yang kuat. Serta dapat mengasah jiwa korsa yang erat antar sesama Resimen," kata Indra Pomi yang juga merupakan Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau.


"Giat seperti ini digelar supaya anggota Menwa Indra Pahlawan Riau tidak sembarangan di usik, agar tidak mudah di pecah belah persatuannya oleh pihak tertentu. Karena Menwa pada dasarnya adalah Menwa yang berintelektual, yang memiliki jiwa ksatria, sehingga menjunjung tinggi loyalitas dan mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi maupun golongan. Hal tersebut sesuai dengan yang tertuang dalam Panca Dharma Satya Resimen Mahasiswa Indonesia," ungkap Indra Pomi.


Sementara itu, anggota Provost Menwa Indra Pahlawan Riau, Adralin Sahlan bersama seorang rekannya Sepriyadi, saat ditemui turut menyampaikan tanggapan mereka saat mengikuti Latgar dengan para pelatih yang profesional di Yon Arhanud tersebut.


"Latihan penyegaran ini memberi kesan kepada kami bersama, khususnya saya pribadi, giat seperti ini sangatlah bermanfaat bagi kami selaku anggota aktif Menwa. Selain memperbanyak ilmu, Latgar ini jugalah sebagai penambah wawasan kami dalam dunia kemiliteran," ucap Adralin Sahlan yang berasal dari Satuan 043/Indra Sakti Universitas Islam Riau.


"Banyak kegiatan Latgar yang kami ikuti dalam sehari ini, salah satunya menebak, latihan menembak seperti inilah yang selama ini kami tunggu-tunggu. Saya pastikan seluruh Menwa yang mengikuti giat ini merasa senang dan bersemangat," pungkas Sepriyadi yang berasal dari Satuan 046/Indra Yudha Kompi A Institusi Teknologi Bisnis Indragiri.***(Fauzan).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama