Masjid Al-Jami Desa Bernung Potong 23 Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha 1445 H

Pesawaran, (Potretperistiwa.com) - Pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah Pengurus atau Takmir Masjid Al-Jami, Dusun 1, Desa Bernung dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H melaksanakan pemotongan hewan qurban.


Sebanyak 23 hewan qurban, yang terdiri dari 4 ekor sapi dan 19 ekor kambing yang disembelih di hari ini, pukul 09.00 Wib, Senin 17 Juni 2024.


Pemotongan serta pembagian daging qurban tersebut dilakukan oleh seluruh panitia qurban yang telah dibentuk sebelumnya, yang berlokasi di halaman Masjid Al-Jami, Dusun 1, Desa Bernung, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran.


Edi Kusnaidi, Selaku Ketua Panitia Qurban menjelaskan, bahwa kegiatan penyembelihan hewan qurban di Masjid Al-Jami merupakan cerminan dari makna Hari Raya Idul Adha.


 "Penyembelihan hewan qurban merupakan representasi dari makna Hari Raya Idul Adha," ujarnya.


Lebih lanjut Edi juga menambahkan, bahwa hewan qurban yang disembelih terdiri dari empat ekor sapi dan sembilan belas ekor kambing. Hewan-hewan ini berasal dari para warga dusun 1 yang  berkeinginan untuk berkurban.


"Jadi sebanyak 23 hewan qurban yang disembelih  itu berasal dari para warga dusun 1 yang mempunyai keinginan ber-qurban pada hari Raya Idul Adha ini. Dan hewan-hewan ini didistribusikan kepada 500 Kepala Keluarga yang ada di dusun tersebut,"jelasnya.


 "Kami melaksanakan pemotongan hewan qurban sebagai wujud suka cita menjalani ibadah,"tambahnya.


Selain itu, lanjut Edi, kegiatan penyembelihan hewan qurban ini juga dimaksudkan untuk memberikan teladan kepada masyarakat mengenai pentingnya berbagi dan berkurban sesuai dengan perintah agama. "Kami ingin masyarakat dapat berkurban sebagai peningkatan ibadah dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan," tambahnya.


Edi juga berharap, semoga kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk saling berbagi dan peduli terhadap sesama, terutama dalam momen penting seperti Idul Adha.


Terlihat suasana di sekitar Masjid AL- Jami, ramai dan penuh semangat. Panitia bekerja dengan sigap, memastikan setiap tahapan proses qurban berjalan lancar dan sesuai syari'at. Masyarakat yang menerima daging qurban tampak bahagia dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan.*** (lilis) 

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama