Destinasi Air Terjun Selanca Lubuk Bendahara Diserbu Pengunjung dari Luar Daerah


Rokan Hulu, (potretperistiwa.com) -  Destinasi Wisata Air Terjun Selanca yang berlokasi di Desa Lubuk Bendahara, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu- Riau terpantau diserbu pengunjung dari Luar daerah Rohul. Dimana sebelumnya Desniwisata ini dibuka hari Sabtu dan hari Minggu. 

Pengelola Air Terjun Selanca Irwan  Harahap yang sering di sebut Yan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) mengatakan,” Wisata selanca berdiri sejak 2020 silam dan resmi dibuka secara publik sejak Agustus di tahun yang sama. 

"Selanca merupakan hasil inisiasi bersama dari Kelompok Tani Hutan di Desa Lubuk Bendahara, Ujung Batu untuk tetap dapat mengelola kawasan lama dari Perhutani yang kini dikelola secara pariwisata," sebut Irwan pada Senin (28/7/2024).

Kata Irwan, sampai saat ini Air Terjun Selanca masih mengedepankan nilai alam secara alami tanpa ada eksplorasi berlebihan.

” Sampai kini sebenarnya Selanca ini belum selesai, Karena wahananya dan fasilitas tetap kita berangsur juga terutama sefti kenyamanan pengunjung, mungkin sampai di tahun 2028 mendatang akan sempurna,  sekarang ini yang kita  proses pelaksanaan kita target pembangunan pasilitas jalan yang di usahakan dua jalur untuk akses keluar masuk dan mana jalan agak ekstrim kita pagar beton Dengan besi, yang sebagian dari pelaksanaan Pembangunan salah satunya Rumah Pohon juga kita tahap bangun dan Aula Rumah ( tempat pertemuan) dengan tiga lantai dengan nominal modal 1,2 M ” tuturnya.

 Irwan berharap semoga apa yang kita targetkan dapat terealisasi sampai di bulan lebaran berikutnya, karna fasilitas terutama penerangan Air terjun landai dan kolam Renang, yang menjadi tempat para pengunjung menikmati alam, sekaligus melihat ikan yang kita pelihara, dan berbagai  fasilitas seperti karaokean permainan seperti ayunan di air, selancar untuk anak-anak, dan dapat menikmati fenomena asri yang ada ”bebernya. 


Masih Irwan menerangkan, untuk dapat masuk ke dalam destinasi wisata Air Terjun Selanca lubuk bendahara kita ini,  pengunjung cukup dapat menjaga katagori Alami, Indah, Bersih, dan menjaga keamanan, ketertiban di setiap pengunjung,  juga tetap kita himbau, menjaga anak anak supaya aman, meminta bersama orang tua tetap perhatikan anaknya masing masing, kami beserta anggota kerja tetap memantau pengunjung,  juga menyampaikan melalui pemeras suara TOA,  juga radio ke setiap anggota untuk pemantau di lokasi kita ini demi keyakinan pengunjung, sebutnya.

Sedangkan untuk tiket masuk relatif murah, Irwan juga menerangkan, Air Terjun Selanca Lubuk  Bendahara, saat ini hanya melayani pengunjung pada Sabtu dan Minggu saja, sedangkan pada hari kerja masih belum dibuka, terkecuali hari besar. 

"Kita buka weekend saja karena mengingat hari kerja orang sibuk. Selain itu, kita juga harus memahami bahwa wahana kita masih belum sepenuhnya terbangun maksimal dan masih dalam tahap pengembangan secara perlahan-lahan," jelas Irwan. 

Terpantau awak media potretperistiwa.com yang hadir di wisata air terjun selanca pasca merayakan menikmati,  fenomena lokasi yang ada, pengunjung sampai bermacam  dari kalangan menengah kebawah, juga pengunjung datang berbagai daerah Bahkan dari luar Kabupaten,  untuk berkunjung. 


 Salah satu pengunjung Ita (38) kepada media ini mengatakan," bahwa dia rela datang dari daerah Duri dari Kabupaten Rokan Hilir, ketempat ini karna penasaran dengan kabar cerita dari teman-temannya disana yang pernah berkunjung ke Air Terjun Selancar lubuk bendahara ini. 

” Kekagumannya atas Destinasi Air Terjun Selanca, kalau ada tempat wisata yang seperti ini indah di pandang mata, rasanya gak perlu lagi kita jauh-jauh mencari tempat rekreasi, tempatnya sejuk, masih asri dan bersih, dimana kita tidak terlalu banyak, biayanya juga cukup ekonomis ” pungkas Ita mengakhiri.  ***(Robby Bangun).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama