Kirab Budaya HUT Desa Bagelen ke - 119 Diikuti Ribuan Warga


 

Pesawaran, (Potretperistiwa.com) - Ribuan warga mengikuti Kirab budaya dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-119 Desa Bagelen berlangsung meriah, pada Minggu 21 Juli 2024. Dengan menaiki mobil Jeep Wilis Kepala Desa Bagelen Merdi Parmanto memimpin jalannya kirab budaya.

Dimulai dari Tugu Lesung arak-arakan kirab berjalan menyusuri Jalan Tamtama kemudian melewati jalan Dipo Wiryan, dan kembali melewati Jl Tamta dengan menempuh jarak sekitar 2,5 kilometer.

Selain arak arakan, ada juga gunungan besar, berisi hasil bumi yang menggambarkan kesuburan dan kemakmuran Desa Bagelen.

Sepanjang rute kirab, Kepala Desa menyapa dan menyalami ribuan warga yang menyambut kirab budaya dengan antusias.

Kepala Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan Merdi Parmanto mengatakan, ada puluhan kelompok peserta yang mengikuti kirab. Dia berharap, momentum pelaksanaan kirab budaya ini dapat melestarikan seni budaya secara bersama-sama.

“Kirab Budaya ini harus terus Kita lestarikan sebagai upaya mempersatukan anak-anak bangsa. Seni budaya jangan sampai luntur karena pengaruh kemajuan jaman,”kata Merdi.

Kepala Desa Bagelen juga menyatakan, saat ini dibutuhkan langkah nyata untuk ngurip-nguripi kesenian tradisional.tentunya selaku pemerintah desa dirinya akan terus melestarikan kegiatan tersebut.

Sementara Kepala Sekolah SMP Negri 1  Pesawaran Suhermiati salah satu peserta kirab budaya sangat mendukung kegiatan tersebut, karena menurut nya kirab budaya tidak hanya memamerkan kesenian, adat dan budaya yang ada di Desa Bagelen.
“Tapi meregenerasi kepada pemuda pemudi untuk terus menjaga dan melestarikan budaya, dan menanamkan rasa patriotisme kepada generasi muda yang ada di desa ini,” ucapnya.*** (lilis)

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama