Pengambilan Kabel Tembaga Dari Dalam Tanah Milik PT. Telkom Di Pinggiran Kota Baturaja Merusak Jalan


 

Sumsel, (potretperistiwa.com) - Proyek galian kabel dalam hal pengambilan Kabel Tembaga milik Pt.Telkom yang dilakukan di pinggir jalan sepanjang kota Baturaja yang pada saat ini di kerjakan dilokasi jalan Dr.sutomo Lubuk rambai kel.pasar lama sampai simpang air gading dan di jalan imam Bonjol sampai depan kantor Telkom lama Kel.sukaraya kec.Baturaja timur  Kabupaten OKU oleh Sub Kontraktor /Vendor/Mitra milik PT Telkom Di duga ilegal atau tidak berizin , selain itu pengerjaan tersebut juga membuat tepi dan bibir jalan menjadi rusak amblas dan Rabu (03/0724)


Mamat salah satu Warga Sekitar yang depan rumahnya terdampak galian tempat Kabel , mengatakan,” sejumlah titik jalan kabupaten kota di Baturaja banyak jalan  rusak akibat galian kabel  karena tidak mengindahkan ketentuan yang sudah di tetapkan sehingga tampak urugkan tanah dan aspal bekas galian Amblas sehingga ada kendaraan yang terperosok ketika menepi parkir di sisi jalan.


Proyek ini merusak dan merugikan fasilitas umum,adakah ijin dari proyek ini dari instansi terkait.


“galian itu di lakukan di sisi dan di bibir jalan terkadang juga merusak jalan yang telah di aspal atau di beton oleh PU, galian dengan kedalaman sekitar satu meter. Ini di lakukan, mereka malah menggali serampangan atau seenaknya,” kata warga Sekitar dengan nada keras.


Sementara itu Ketua (PWRI ) Persatuan Wartawan Republik Indonesia Cabang OKU  Arif sudrajat telah menerima Laporan dari team dan langsung meninjau lokasi galian Kabel Yang di duga Ilegal, dan selanjutnya kami membuat surat klarifikasi meminta penjelasan dari pihak PT.Telkom surat  tersebut di jawab baik secara lisan maupun tertulis dari pihak yang bersangkutan bahwa galian  pengambilan dan pemotongan tembaga di kota Baturaja dari tahun kemaren sampai saat ini.


Menurut nya sudah resmi bahkan bukan hanya di  kota Baturaja dan di Sumsel saja tetapi  seluruh kota di indonesia. Melihat hal ini proyek yang di kerjakan pada malam hari menyebabkan sejumlah ruas jalan Kabupaten kota yang terkena galian pengambilan dan pemotongan tembaga banyak bibir jalan yang rusak. Yang ada selama ini, akibat galian masyarakat lah yang di rugikan.


“Yang heran nya galian ini tidak pernah di persoalkan,”  Pihaknya merasa heran dengan Sikap PT.Telkom karena proyek seperti ini pernah di kerjakan pada tahun sebelumnya.


Berdasarkan pantauannya di lapangan, kata nya , selain menemukan banyak galian yang tidak beraturan, pengajuan perizinan untuk galian galian pada proyek terindikasi ilegal. “Sebagai contohnya penggalian lobang tepian jalan di duga ilegal karena,


Pihak Terkait yang berkompeten di Kab. tidak atau belum mengeluarkan izin dan saat di tanya izin, dari perwakilan Telkom,Indra, mengatakan sudah ada ijin dari PU Provinsi namun untuk di PU kabupaten sudah pernah ada ijin dari tahun kemarin.


Proyek di kerjakan pada Malam hari dengan alasan mengurangi kemacetan.


Pembohongan publik dari pengawas atau pekerja di lapangan di katakan ada galian kabel Telkom dalam hal pemasangan Kabel tapi ternyata ada pemotongan kabel kabel Tembaga yang di keluarkan dan di ambil dari dalam tanah/lobang galian..Pekerjaan di Back up oleh Oknum TNI .


Selanjutnya, merupakan hal yang mudah,” untuk menentukan proyek itu legal atau ilegal, karena  setiap pekerjaan proyek dan gerakan nya selalu pada malam hari dan di bekingi oleh oknum Aparat serta tidak ada nya papan nama proyek dari PT/CV.rekanan / Vendor yang ada cuma rambu jalan ,lampu dan tulisan Hati Hati ada Galian.


Di lanjutkan nya, ” Kami sebagai Sosial Kontrol dan para jurnalis di Kab.oku akan melayang kan Surat  kepada Pt.Telkom Pusat di Jakarta serta Ke kementrian BUMN kami akan pertanyakan  hal selain merusak fasilitas umum hasil galian yang berupa potongan tembaga di simpan atau di lelang /di jual di mana atau di simpan dan hasil penjualan untuk kas negara atau bukan.***(Arif).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama