Ratusan Massa Datangi Rumah Kabupaten OKU, Tuntut Netralitas ASN di Pilkada 2024



Sumsel, (potretperistiwa.com) - Ratusan Massa mendatangi Rumah Kabupaten OKU, mereka menuntut agar Penjabat (Pj) Bupati OKU, Muhammad Iqbal Alisyahbana SSTP MM yang baru di lantik, agar cepat mengambil tindakan tegas terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang di duga tidak netral dalam pelaksanaan Pilkada OKU 2024, Senin (19/08/24).


Dalam orasinya, Zikrullah selaku koordinator Aksi menyampaikan bahwa kami sebagai masyarakat OKU menginginkan Netralitas dari seluruh ASN dan Pj Bupati OKU dalam menghadapi pilkada OKU nanti nya.


Dan Kami  juga mendesak supaya Pj Bupati yang baru di lantik dan para ASN di OKU dapat bersikap netral dan tidak berpihak kepada salah satu calon dalam Pilkada ini.ini penting guna untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi yang akan berlangsung nanti nya"  jelas nya.


Selanjutnya para pendemo juga  meminta Pj Bupati untuk segera mendeklarasikan netralitas secara resmi dan secepatnya agar segera mengeluarkan surat edaran yang mengharuskan ASN bersikap netral. "Ini bukan hanya tentang kepentingan kelompok tertentu, tetapi demi kelancaran demokrasi Pilkada OKU," paparnya.


Aksi damai di rumah kabupaten  berlangsung dengan aman lancar dan tertib, meskipun Massa banyak yang membawa spanduk dan poster yang berisi tuntutan agar ASN tidak berpihak pada salah satu calon, serta mendesak adanya tindakan tegas terhadap oknum ASN yang melanggar.


Asisten I Setda OKU, Indra Susanto, yang turut hadir di kerumunan massa juga menyatakan bahwa pemerintah daerah menghormati aspirasi masyarakat.


" Selanjutnya Kami akan mencatat semua tuntutan ini dan menyikapinya dengan sebaik-baiknya. Prinsip kami adalah menjalankan pemerintahan bukan atas nama pribadi, tetapi sebagai sebuah sistem," jelasnya.


Selanjutnya,indra juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran masyarakat dalam aksi ini yang bertanda bahwa masyarakat sangat peduli dan berpartisipasi terhadap proses demokrasi di OKU,"ujarnya.


 Dan apa yang menjadi tuntutan massa pagi hari ini akan menjadi dasar kami dalam mengambil langkah ke depan," tuturnya.


Selanjutnya,Pj Bupati OKU, M.Iqbal Alisyahbana, menyatakan bahwa salah satu tugas utamanya adalah memastikan pelaksanaan Pilkada di OKU yang adil lancar dan Netral.


Kami juga berkomitmen untuk menjaga netralitas ASN dan penyelenggara dalam Pilkada OKU 2024. Dan dalam waktu dekat, kami akan mengeluarkan surat edaran (SE) resmi yang menyatakan bahwa seluruh ASN di OKU agar bersikap netral," jelas PJ.


PJ juga mengatakan bahwa pihak nya tidak akan ragu untuk mengambil tindakan tegas terhadap ASN yang terbukti  memehak salah satu calon dan tidak netral.


" Dalam hal ini Netralitas ASN harus mutlak untuk menjaga integritas Pilkada di OKU . Dan Saya juga  akan memastikan bahwa ASN  harus netral dan tidak berpihak pada salah satu calon," tegas nya.


Selanjutnya , Pj.Bupati Iqbal memberikan mengapresiasi kepada massa aksi yang di lakukan oleh masyarakat. Ia menilai bahwa aspirasi yang telah di sampaikan melalui cara-cara damai seperti ini adalah cerminan dari masyarakat yang dewasa dalam berdemokrasi dan akan menambah semangat kami dalam melaksanakan tugas,"tutupnya.


Aksi ini menyatakan bahwa masyarakat sudah sangat peduli dan mengerti arti demokrasi dan Mereka akan mengawal jalan nya Pilkada di OKU 2024 supaya dapat berjalan dengan Aman tertib lancar dan damai.***(Arief).

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama