Siapkan Pengamanan Maksimal Pilkada 2024 Polres Pesawaran Gelar Sispamkota Bersama Brimob Polda Lampung



Pesawaran, (Potretperistiwa.com) - Polres Pesawaran bersama dengan Brimob Polda Lampung dan instansi terkait lainnya menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) dalam rangka mengantisipasi potensi gangguan keamanan selama pelaksanaan Pemilu. Kegiatan ini dimulai dengan apel pagi yang dilaksanakan di lapangan Pemkab Pesawaran dan dipimpin langsung oleh Kapolres Pesawaran, AKBP Maya Henny Hitijahubessy, S.H., S.I.K., M.M. dan di hadiri oleh tamu undangan  Sabtu, (24/08/2024) . 


Setelah apel, simulasi dilanjutkan dengan latihan pencoblosan di TPS, di mana personel Polri diperankan untuk mengamankan jalannya proses pemungutan suara. Simulasi ini dirancang untuk memastikan kesiapan personel dalam menghadapi situasi apapun yang mungkin terjadi di TPS. Turut hadir menyaksikan simulasi ini adalah para pejabat utama Polres Pesawaran (PJU), Danki dan Danton Satbrimob Polda Lampung, serta tamu undangan lainnya.


Usai simulasi di TPS, kegiatan berlanjut dengan simulasi pengendalian massa (dalmas) yang berlangsung di depan kantor KPU Pesawaran. Dalam skenario ini, eskalasi situasi yang awalnya kuning, di mana massa masih terkendali, meningkat menjadi merah ketika massa bertambah dan mulai menunjukkan tindakan anarkis. Untuk mengatasi situasi ini, personel Brimob Polda Lampung dan Polres Pesawaran turut dikerahkan untuk melaksanakan aksi penguraian massa.


Simulasi ini bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan seluruh personel dan kemampuan koordinasi antar instansi dalam menghadapi potensi kerusuhan yang dapat mengganggu kelancaran proses Pemilu. Meskipun skenario menggambarkan situasi dengan tingkat ancaman tinggi, seluruh rangkaian simulasi berjalan dengan aman dan tertib.


Kapolres Pesawaran AKBP Maya Henny Hitijahubessy, dan Kabag Ops Polres Pesawaran AKP Edy Saputro, S.I.K.,M.H., memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh personel yang terlibat dalam simulasi ini. Dalam Hal ini Kapolres menekankan pentingnya kesiapsiagaan dan disiplin dalam menjalankan tugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Pesawaran selama pelaksanaan Pemilu.


"Simulasi ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memastikan bahwa seluruh personel siap menghadapi segala kemungkinan yang mungkin terjadi, sehingga keamanan dan ketertiban tetap terjaga," ujar Kapolres Pesawaran.


Dengan kegiatan ini, Polres Pesawaran bersama Brimob Polda Lampung dan instansi terkait lainnya menunjukkan komitmen kuat untuk menjaga stabilitas keamanan selama berlangsungnya Pemilu, demi terciptanya proses demokrasi yang aman dan damai.*** (lilis) 

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama