PT. Pupuk Indonesia Sumsel Beserta Gapoktan OKU Adakan Acara Rembuk Tani


Sumsel, (potretperistiwa.com) - Manager Penjualan Sumsel PT Pupuk Indonesia Capt. Eman Haris bersama jajaran melaksanakan acara Rembuk Tani di Sepancar Kec. Baturaja Timur  Kab.OKU, Senin (30/09/24).


Acara ini bertujuan untuk bersilaturahmi dan mempererat hubungan antar Dinas Pertanian, produsen, distributor, pengecer, dan petani kabupaten OKU Sumatera Selatan, serta dapat langsung mendengarkan masukan dan kendala yang di hadapi oleh para petani di lapangan.


Manager Penjualan Sumsel PT Pupuk Indonesia, Capt. Eman Haris , dalam sambutan nya mengatakan bahwa pentingnya swasembada pangan yang tidak hanya berfokus pada produksi pupuk , tetapi juga budidaya tanaman sesuai kebutuhan tanaman


Pada acara rembuk tani dihadiri juga oleh Kadin pertanian OKU Husmin ,SP.MM, Giyanto Selaku penyuluh agronomis mobil uji tanah Pupuk Indonesia, Sugiyono AE beserta AAE OKU dan OKUS, Sudin Dabuke  pimpinan  Mandiri Rindu toba, Ahlun pimpinan CV. Rusbaya AE dan AAE Kab.OKU Raya serta para tamu undangan lainnya.


Dalam hal Rembuk Tani ini bagaimana petani dalam melakukan usaha tani dapat mendapatkan hasil yang maksimal sehingga mampu meningkatkan swasembada pangan.


Rembuk Tani ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan semua program dan berbagai macam jenis pupuk , agar kita semua yang hadir mempunyai inisiatif untuk meningkatkan produktivitas petani melalui berbagai program seperti jenis pupuk, jenis kultur tanah serta harus adanya pelatihan dan  pendampingan.


Selain itu, perusahaan juga tengah berupaya meningkatkan frekuensi pendataan petani untuk memastikan distribusi pupuk yang lebih tepat sasaran.


“Pemerintah menginginkan penebusan pupuk yang lebih mudah tapi saat yang sama kami cukup subsidi harus ada pengawasan rekamannya dan untuk saat ini kebutuhan petani sudah di penuhi sesuai dengan kebutuhan,” jelas nya.


Selain itu, PT. Pupuk Indonesia juga mendorong penggunaan pupuk organik untuk meningkatkan kualitas tanah dan keberlanjutan pertanian.


Acara Rembuk Tani ini menjadi wadah bagi petani untuk menyampaikan berbagai kendala yang ada dilapangan, seperti pendampingan dalam melakukan budidaya tanaman, uji tanah dan kendala dalam pemasaran hasil pertanian.


Aspirasi para petani ini kemudian dapat kita diskusikan bersama para distributor, pemerintah daerah, dan pihak terkait lainnya untuk mencari solusi yang tepat.


Dan kita berharap Rembuk Tani ini dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan Kabupaten OKU dan juga kita bangga bahwa di Sumatera Selatan sudah ada pabrik pupuk yang dapat menampung pupuk dì Indonesia, jelasnya.


“ Juga kita berharap memang Rembuk Tani ini menjadi bagian solusi dari berbagai permasalahan yang di hadapi yang secara global di hadapi dan harusnya di lakukan oleh para penyuluh tetapi sekarang ini juga di fasilitasi oleh pupuk Indonesia ini luar biasa,” ujarnya.


Menurut kepala Dinas Pertanian OKU Husmin,sp,MM juga menyampaikan bahwa pupuk merupakan zat terpenting untuk sebuah tanaman yang dapat di ibaratkan seumpama kalau kita makan tanpa sayur otomatis gizi nya akan berkurang begitu pula  tanaman tidak bakalan subur dan menghasilkan yang maksimal maka dari itu kita pemerintah berusaha bekerja sama dengan perusahaan pupuk agar dapat penambahan pupuk subsidi sebanyak mungkin,katanya.


Dengan adanya kolaborasi antara pemerintah, perusahaan, dan petani, diharapkan swasembada pangan di Kab. OKU khususnya dan di Indonesia umumnya dapat tercapai dan kesejahteraan petani semakin meningkat.


Acara ditutup dengan Hiburan dan pembagian banyak door prize seperti  hadiah utama berupa 2 unit sepeda 2 Hp , 2 karung pupuk beberapa unit Hand spray serta puluhan sembako lainnya yang membuat para peserta yang hadir semakin meriah.***(Arief)

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama