Jual Buku LKS Ke Murid, SD Negeri 042 Kualu Diduga Raup Keuntungan Hingga Puluhan Juta



Kampar, (potretperistiwa.com) - Dugaan bisnis kan Buku Lembar Kerja Siswa (LKS) di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sekolah Dasar (SD)  Negeri 042 Kualu, berlokasi di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, disinyalir raup keuntungan yang besar.

Berdasarkan informasi yang diterima awak media dari salah satu wali murid. Serta hasil penelusuran terkait hal itu juga di benarkan oleh murid yang ditanya awak media, Jum’at (27/09/24) lalu, di dekat lingkungan SD Negeri 042 Kualu. Bahwa buku dibeli dengan harga 135 Ribu untuk keseluruhan mata pelajaran.

Siswa-siswi membeli buku LKS tersebut langsung disekolah, banyaknya 9 buku LKS dengan harga persatu bukunya 15 Ribu Rupiah. Pembelian buku oleh siswa sejak dimulai pelajaran tahun ajaran baru pada Juli 2024 lalu.

Menurut sumber sekolah.data.kemdikbud.go.id siswa-siswi di SD Negeri 042 Kualu ditotalkan sebanyak 704 murid. Maka jika dihitung-hitung, sebanyak 704 murid dikali 135 Ribu Rupiah menghasilkan Rp.95.040.000.

Lebih lanjut, dikatakan Salah seorang sumber kepada media ini, beberapa waktu lalu, sumber mengatakan harga buku LKS hanya bermodal 3 Ribu per satu bukunya. Jika kita hitung-hitung 1 buku lks bermodal 3 ribu Rupiah dikali 9 mata pelajaran menghasilkan 27 Ribu rupiah. Lalu jika dikalikan harga modal buku LKS dengan keseluruhan murid menghasilkan 19.008.000.

Kuat diduga Pihak sekolah SD Negeri 042 Kualu, meraup keuntungan Besar hingga Puluhan Juta Rupiah. Bahkan disinyalir itu hanya untuk per 1 semesternya saja.

Sebelumnya Diberitakan, Berjudul ‘Kepsek SDN 042 Kualu Diduga Bisniskan LKS. Ismanuria : Bisa Saja Wali Murid Bohong’

Ironinya, LKS tersebut langsung dijual belikan di lingkungan sekolah oleh oknum Guru SDN 042 Kualu. Bahkan Diduga Atas perintah Kepsek yang mana terkesan tidak mengindahkan Aturan dari pemerintah.

Informasi diterima awak media dari salah seorang masyarakat yang juga sekaligus wali murid yang tidak mau disebutkan namanya, disalah satu warung di jalan Jl Kubang Raya tepatnya disimpang Perumahan Graha Payung Sekaki. ia mengatakan bahwa adanya Penjualan LKS kepada Murid di SDN 042 Kualu.

Bukan itu saja, sumber pun mengatakan Lembar Kerja Siswa (LKS) itu langsung di jual-beli oleh pihak sekolah Oknum Guru SDN 042 Kualu di lingkungan sekolah kepada murid.

Namun Hal itu dibantah Ismanuria Selaku Kepala Sekolah SD Negeri 042 Kualu ketika dikonfirmasi mengatakan ia tidak pernah tahu bisa saja informasi itu bohong.

“Bisa saja wali murid itu bohong, coba bapak kroscek ulang, saya tidak pernah menyuruh menjual LKS, saya tidak tahu”.Ucap Ismanuria

Anehnya, pernyataan Kepsek Berbeda dengan Beberapa Murid yang di wawancarai oleh media, Jum’at (27/09/24) didekat lingkungan sekolah. sebut saja namanya Ade dan Payan.

Ade dan Payan ketika ditanya berapa harga LKS dan dimana membeli Buku LKS tersebut, mereka mengungkapkan dengan hal senada, pembelian dilakukan langsung di sekolah dengan guru dan harganya 15 Ribu per satu mata pelajaran.

“Belinya disekolah om langsung dengan guru, harganya 15 Ribu satunya om, tapi masih ada satu lagi yang belum, sekarang masih 8 buku baru bayar 120 Ribu”, Ungkap 2 Murid tersebut.

Peraturan – peraturan yang dibuat pemerintah sudah cukup jelas di terangkan dari Peraturan Pemerintah (PP) hingga Permendikbud. Anehnya regulasi tersebut seakan pajangan saja.

Penjualan Lembar Kerja Siswa (LKS) larangan juga tertuang di Peraturan Pemerintah (PP) No 17 Tahun 2010 Bahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menegaskan jual beli LKS yang di lakukan oleh pihak sekolah termasuk pungutan liar alias “Pungli”.

Juga, acuan Pasal 11 Peraturan Mendiknas No 2 Tahun 2008 melarang sekolah bertindak menjadi distributor atau pengecer buku kepada peserta didik.**(Red)

Sumber : Media Forum Informasi
Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama