Peduli, Melalui Disnaker Pemkab Pelalawan Serahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan


Pelalawan, (potretperistiwa.com) - Sebanyak 20.919 orang buruh petani sawit atau pekerja ekosistem sawit di Kabupaten Pelalawan senyum sumringah. 


Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pelalawan telah menuntaskan penyerahan Kartu Jaminan Sosial Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan secara gratis. 


Program prakerja di perkebunan ekosistem sawit adalah petani, buruh tani dan pekerja bongkar muat yang bekerja pada perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Pelalawan yang bukan penerima upah atau karyawan. 


Bantuan Kartu BPJS Ketenagakerjaan secara gratis itu bersumber dari tanggungan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui dana bagi hasil (DBH) Sawit.


Selain itu, DBH Sawit untuk Jaminan Sosial BPJS ketenagakerjaan di Kabupaten Pelalawan ini merupakan yang terbanyak di Provinsi Riau. 


Artinya, Pemkab Pelalawan melalui program Disnaker dengan kartu BPJS ketenagakerjaan ini telah menunjukkan perhatian kepada ribuan pekerja rentan di bidang ekosistem sawit ini. 


Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pelalawan Tengku Amri Fuad MSi, Selasa (8/10/2024) kepada awak media. 


"Alhamdulilah, untuk saat ini penyerahan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi petani, buruh dan pekerja bongkar muat di perkebunan sawit bukan penerima upah telah diserahkan sebanyak 20.919 orang kepesertaan," terang Kadis Naker Pelalawan. 


Lanjut T. Amri Fuad, menjelaskan bahwa target sebelumnya sekitar 21 ribu orang, namun yang dapat terealisasikan hanya 20.919 orang kepesertaan program BPJS ketenagakerjaan. 


"Bahwa program ini bentuk kepedulian pemerintah daerah untuk perlindungan jaminan sosial bagi petani, buruh dan pekerja bongkar perkebunan sawit yang bukan penerima upah atau karyawan," tegasnya. 


Disamping itu, T. Amri Fuad menambahkan, dalam program kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dibayarkan ini hanya untuk jaminan kematian dan jaminan kecelakaan kerja nantinya. 


"Kita fasilitasi untuk BPJS ketenagakerjaan bisa memberikan rasa aman tidak cemas dalam bekerja sehingga bekerja lebih optimal dan berimbas pada kesejahteraan masyarakat. Saya berharap dengan bantuan ini bisa bermanfaat bagi para pekerja rentan," pungkasnya.***(WT.PUTERI)

Print Friendly and PDF

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama